Mencegah Timbulnya Penyakit Flu



Flu menjadi penyakit yang menyebalkan. Apalagi saat musim hujan tiba. Saatnya mewaspadai virus flu. Tip berikut dapat jadi panduan Anda menangkal flu.
 
Mencuci tangan

“Mencuci tangan merupakan pencegahan yang efektif,” kata Wayne LaMorte, profesor epidemiologi di Boston University School of Public Health dilansir Prevention. Walau Anda terekspos flu, mencuci tangan dapat mencegah kuman yang menempel masuk lewat mata, hidung, atau mulut. Jadikan ini kebiasaan. Anda bisa mencuci tangan dengan air dan sabun atau menggunakan cairan pembersih tangan. Tidak hanya setelah buang air, sebelum dan sesudah makan, juga setelah bepergian.
 
Gunakan tisu

Jangan tutup mulut dengan tangan saat batuk dan bersin karena kuman dan virus akan menempel. Selalu sedia tisu dan tutup mulut Anda dengan tisu saat batuk dan bersin, lalu buang. Jika tak ada tisu di sekitar tutup mulut dengan bagian dalam lengan. “Saat saya berpapasan dengan orang yang bersin atau batuk, perlahan saya mengeluarkan nafas sampai berada kira-kira dua meter dari orang tersebut. Ini menghindari saya menghirup udara yang telah terkontaminasi,” kata dr Stafford Broumand.
 
Jaga kebersihan meja kerja

Mikrobiologis Charles Gerba, PhD merekomendasikan Anda membersihkannya dengan lap atau semprotan disinfektan yang aman. Lakukan secara berkala untuk menghalau kuman. Jika meja kerja Anda tak pernah dibersihkan dengan saksama, bisa-bisa Anda terjangkit virus flu. Peneliti menemukan, di kantor virus dapat menyebar dalam waktu dua jam saja.
 
Konsumsi makanan mengandung fitokimia

“Setiap warna bahan pangan menunjukkan keberadaan fitokimia tertentu yang berkhasiat untuk pencegahan terhadap penyakit,” terang Prof.Made Astawan, dari Departemen Ilmu Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor dilansir Kompas. Anda tak butuh pil vitamin jika rajin mengonsumsi sayuran berwarna pelangi. Hijau tua, merah dan kuning. Juga buah-buahan.
 
Perhatikan gejala flu

Menurut dr. Madan M. Vasandani yang dikutip Femina, hidung meler, sakit tenggorokan bisa jadi gejala pilek atau common cold. Jika disertai demam tinggi, sakit kepala, badan sakit, mungkin Anda terkena flu. Jangan anggap sepele gejala-gejala ini. Tak perlu sungkan ke dokter.

\


0 komentar:

Posting Komentar