Inilah 4 Kenikmatan Traveling Sendirian yang Sesungguhnya


Menjalani hari-hari seorang diri tanpa merasa perlu untuk ditemani membuat kita kadang sadar diri untuk segera melakukan perjalanan yang berujung pada kontemplasi. Pergi traveling sendirian memang kadang menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Namun, ada kalanya kita harus mendobrak rasa takut yang kita ciptakan sendiri itu.

Traveling sendiri juga bisa menjadi ajang untuk mengenal diri sendiri lebih dekat lagi. Bagaimana tidak, selama kita jalan sendiri, kita akan menghabiskan waktu sendiri selama mungkin. Apalagi kalau destinasi yang dikunjungi adalah destinasi yang sepi, damai, dan bisa sekaligus menjadi tempat wisata spiritual.

Yang namanya traveling sendiri memang perlu sebuah perencanaan yang amat matang, rapi, dan terperinci. Karena itu, sebuah itinerary yang lengkap bisa jadi permulaan yang cukup oke. Lalu, apa saja hal menyenangkan dan juga penuh kenikmatan dari traveling sendirian? Mari kita simak ulasannya dalam daftar berikut ini.

1. Tidak repot menyesuaikan jadwal dengan teman

Salah satu permasalahan yang paling sering ditemui ketika janjian atau berencana ketemu beberapa orang adalah sulitnya menyamakan dan menyesuaikan jadwal. Apalagi kalau rencananya adalah bertemu untuk traveling bareng. Wah, pasti sulit untuk bisa menyamakan waktu kosong, adanya bujet, dan juga jatah cuti.

Kalau jalan traveling sendiri kan rasanya bebas saja mau kapan pun menentukan waktu jalan. Traveling sendirian juga membuat kita bisa santai mengeksplorasi tempat rekreasi tanpa takut terburu-buru mengejar waktu teman perjalanan kita.

Apalagi traveling sendirian bisa membuat kita jadi lebih berani untuk membuat keputusan sendiri secara cepat dan tepat. Jadi bisa menambah skill bertahan hidup kita. Lalu, masih ada lagi kenikmatan traveling sendirian yang tidak akan terlupakan?

2. Menghemat biaya perjalanan

Nah, keuntungan yang satu ini nampaknya berlawanan ya dengan apa yang dipercayai oleh banyak orang. Kebanyakan percaya kalau jalan barengan bersama teman-teman bisa menghemat biaya transportasi dan juga akomodasi karena bisa bayar dengan sistem patungan.

Nah, justru kalau jalan sendiri bisa lebih menghemat karena bisa mencari tumpangan di jalan. Kalau sendirian kan orang masih besar kemungkinan untuk memberi tumpangan. Lain hal kalau traveling beramai-ramai, yang akan memberi tumpangan juga rasanya pasti akan segan.

Sebenarnya cara jalan dengan mencari tumpangan seperti ini juga tidak selalu berjalan dengan lancar dan efektif, dibutuhkan juga kesabaran dan faktor luck setiap akan mencari tumpangan di pinggir jalan.

3. Mendapat teman baru bahkan keluarga baru

Saat traveling sendiri, secara langsung kita akan merasa lebih menghargai orang-orang yang biasa hadir dalam hidup kita. Kenapa? Karena selama perjalanan sendiri apalagi jika lebih dari sehari kita akan merasa cukup kesepian dan merindukan kehadiran oranng tersayang.

Nah, dari sini lah kita akan merasa bahwa menjadi ramah pada siapa saja itu penting. Di sini bisa bermula pertemuan kita dengan teman baru atau bahkan keluarga baru. Terlebih lagi kalau dalam perjalanan kita selalu bersikap sopan dan akrab pada warga lokal yang kita temui.

Jangan pernah takut untuk ditolak. Ketakutan semacam itu bersumber dari diri sendiri, jadi kalau kita ingin hal-hal baik dapat terjadi di kemudian hari, tinggal bagaimana kita membawa diri.

4. Bisa mengatur efisiensi membawa barang selama berpetualang

Dalam melakukan perjalanan sendirian, tentu semua barang yang diperlukan harus ditanggung sendiri bebannya. Kalau ada teman seperjalanan sangat mungkin untuk membagi tugas membawa barang bawaan. Nah, kalau traveling sendirian, harus tahu bagaimana membawa barang bawaan yang banyak secara efisien seorang diri.

Hindari bawa barang yang tidak perlu. packing seperlunya. Ingat, kamu selalu bisa mencuci pakaian kamu di tempat tujuan. Ditambah lagi, saat sedang sendirian kamu harus memaksa diri kamu untuk menjadi pribadi yang cekatan. Jadi, tas bawaan yang ringan akan sangat membantu kamu mengeksplorasi ke sana ke mari tanpa khawatir kelelahan karena berat beban barang bawaan.

5. Akan mendapat pengalaman yang paling berharga dan berbeda

Pengalaman selama melakukan perjalanan sendirian terkadang akan jauh lebih berharga ketimbang perjalanan biasa yang dilakukan bersama- sama. Selama melakukan perjalanan seorang diri, kita akan berkesempatan yang lebih besar untuk bertemu para solo traveler lainnya di perjalanan.

Ini yang kemudian akan berujung pada berbagi cerita, pengalaman, bahkan tips saat akan mengunjungi destinasi tertentu. Mungkin jika kamu melaakukan perjalanan bersama segerombolan traveler akan segan bagi mereka traveler lain atau solo traveler untuk sekadar bergabung dan bercengkrama. Terlebih jika kita asik sendiri dengan orang-orang di kelompok perjalanan kita.

Sudah tau kan kenikmatan traveling sendirian yang sesungguhnya. Kalau sudah tahu, apalagi yang membuat kamu ragu untuk segera merencanakan perjalanan sekali seumur hidup itu? Yuk, segera rencanakan dan cari tiket pesawat untuk lebih hemat traveling keliling Indonesia. Kamu bisa mulai dengan cari harga tiket pesawat batik air yang termurah. Atau kalau mau naik maskapai lainnya coba cari tiket pesawat murah di Reservasi.com.

0 komentar:

Posting Komentar