Tips Membersihkan AC Sendiri

Selain harganya yang cukup mahal, AC juga memerlukan perawatan yang tidak sembarangan. Salah-salah, pengeluaran Anda akan membengkak karena tagihan listrik atau biaya reparasi. Namun tidak perlu takut, dengan perawatan yang benar, Anda akan baik-baik saja. 

Salah satu perawatan AC yang harus rutin Anda lakukan adalah pembersihan unit AC. Anda dianjurkan membersihkan AC sebanyak satu sampai dua kali dalam sebulan, dan cuci AC tahunan sebanyak empat kali dalam setahun. 

Nah, untuk masalah pembersihan minor, ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk membersihkan AC tanpa bantuan tenaga profesional. Berikut artikel ini akan mengulasnya untuk Anda!
1. Siapkan seluruh alat yang dibutuhkan untuk membersihkan unit AC
Alat-alat yang perlu Anda siapkan ini adalah, antara lain:
  • Obeng plus dan minus
  • Selang air
  • Gayung
  • Ember
  • Detergen
  • Lakban
2. Pastikan AC Anda terputus dari seluruh rangkaian listrik
Hal paling utama yang harus Anda perhatikan sebelum memulai membuka unit AC adalah memastikan bahwa AC Anda telah terputus dari semua sumber listik. Kelalaian untuk hal yang satu ini akan sangat berakibat fatal untuk keselamatan Anda. Anda dapat melapisi saklar listrik yang terbuka dengan lakban untuk mencegah adanya cipratan air yang mengenainya.
3. Buka dan bersihkan bagian luar (outdoor) AC
Gunakan kuas untuk membersihkan bagian coil atau kisi-kisi pendingin dari debu yang menumpuk. Sebagai informasi, bagian ini berbentuk seperti radiator mobil. Selain kuas, Anda dapat menggunakan sikat gigi untuk menjangkau tempat-tempat yang tidak dapat terjangkau oleh kuas. 

Ketika bagian ini sudah bersih dari debu, segera siapkan air sebanyak satu ember dan larutkan detergen sebelum Anda membuka bagian penutup outdoor. Bagian ini biasanya dipasangi dua buah baut, atau lebih bervariasi tergantung jenis AC-nya. Setelah bagian ini terbuka, siramlah bagian kisi-kisi AC dengan seperempat gayung larutan air dengan detergen tadi. Selain menggunakan gayung, Anda juga dapat menggunakan penyemprot air, lalu semprotkan larutan detergen ke arah kisi-kisi. 

Ulangi kegiatan ini berkali-kali sampai air hasil pencucian tidak keruh dan bercampur debu lagi. Di akhir, siapkan juga seember air bersih, dan bilas bagian tersebut dengan air bersih untuk menghindari karat yang dapat disebabkan oleh detergen tadi.

Apabila sudah selesai, biarkan sampai benar-benar kering kira-kira sekitar dua jam.
4. Bersihkan bagian dalam AC
Setelah selesai membersihkan bagian luar AC, kini saatnya membersihkan bagian dalam AC. Bagian ini memang agak sulit namun bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan.

Buka penutup bagian dalam dengan menggunakan obeng plus dan minus, setelah itu tarik ke atas perlahan-lahan. Apabila penutupnya sudah terbuka, lepas kabel/soket yang menghubungkan pengarah angina (swing), selanjutnya tarik swing ke depan juga dengan perlahan-lahan. Apabila sudah terbuka, kita dapat mulai membersihkan AC tersebut dengan cara yang sama seperti membersihkan bagian outdoor-nya, yaitu:
  • Membersihkan debu di kisi-kisi pendingin
  • Bersihkan bagian dalam dengan menggunakan larutan air dan detergen
  • Teknik membersihkan bagian indoor ini sama dengan Teknik pembersihan bagian outdoor tadi, yaitu dengan mengguyur dengan gayung atau menggunakan botol penyemprot.
  • Apabila sudah bersih, pasang kembali bagian swing tadi, baru kemudian penutup luar (cover) AC.
5. Tunggu sampai kurang lebih 2 jam
Jika semua langkah di atas telah Anda lakukan, tunggulah setidaknya dua jam sebelum mulai menggunakan AC, agar unit AC telah benar-benar kering. 

Itulah beberapa langkah yang dapat Anda praktekkan untuk membersihkan sendiri AC di rumah. Pastikan setiap langkahnya Anda lakukan dengan benar dan hati-hati agar tidak ada kesalahan yang dapat mengakibatkan kerusakan pada unit AC Anda. Namun jika Anda merasa langkah-langkah tersebut cukup merepotkan, Anda dapat juga mempercayakan masalah ini pada penyedia jasa cuci AC berkualitas yang telah berpengalaman dalam hal pencucian berbagai jenis AC.

0 komentar:

Posting Komentar