7 Manfaat Vital Jaket Gunung bagi Para Pendaki

Omcau - Kegiatan mendaki gunung bukanlah sebuah kegiatan sembarangan. Keselamatan adalah tolak ukur paling utamanya. Untuk itulah, dibutuhkan perlengkapan yang cukup sekaligus memadai. Salah satunya adalah pemakaian jaket gunung. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena ada 7 manfaat vital jaket gunung bagi pendaki seperti berikut ini.


1.    Sebagai Penghangat Kulit

Seperti jenis jaket lainnya maka fungsi dari jaket gunung juga untuk menghangatkan bagi pendaki. Apalagi seperti yang diketahui bahwa kegiatan mendaki gunung seringkali dihadapkan pada cuaca yang tidak bisa ditebak bahkan ekstrem. Sehingga pemakaian jaket gunung sangat vital bagi pendaki demi keselamatan mereka sendiri.

2.    Sebagai Pelindung Kulit

Dalam pendakian gunung tentunya tidak mudah dan dihadapkan pada berbagai medan terjal. Jaket gunung akan berfungsi sebagai pelindung kulit dari medan terjal tersebut. Entah itu bebatuan, semak belukar hingga benda tajam lainnya. Sehingga membuat pendakian gunung lebih meminimalisir adanya luka pada tubuh pendaki.

3.    Sebagai Penahan Air

Pada setiap jaket gunung biasanya sudah dilengkap dengan sistem anti air. Sistem anti air ini berguna untuk menahan air yang masuk. Para pendaki yang sedang melakukan pendakian dan diterjang hujan pun akan terlindungi dengan memakai jaket gunung ini. Sesuatu yang akan membuat air akan terhalang untuk bisa masuk ke dalam tubuh.


4.    Sebagai Penanda Pendaki

Kegiatan mendaki gunung adalah sebuah kegiatan yang tidak bisa ditebak. Meskipun tidak diinginkan, berbagai kemungkinan buruk bisa saja terjadi. Mulai dari terjatuh hingga tersesat. Untuk itulah, jaket gunung seringkali berwarna cerah sebagai penanda seorang pendaki. Hal tersebut berguna bagi tim pendaki lain dalam melakukan penyelamatan.

5.    Pelindung dari Sengatan Matahari

Bukan hanya dingin yang harus dilawan oleh para pendaki gunung namun juga sengatan matahari. Semakin tinggi gunung yang didaki biasanya juga dibarengi dengan semakin panasnya sengatan matahari. Sehingga kehadiran jaket gunung akan menjadi sangat berharga karena mampu melindungi kulit dari sengatan matahari secara langsung.


6.    Sebagai Penanda Tim Pendaki

Biasanya tim pendaki memiliki grup kecil yang terdiri dari berbagai pendaki. Para pendaki tersebutlah yang kemudian memakai jaket gunung dengan warna serupa maupun khusus. Hal ini bukannya tanpa alasan. Disebabkan jaket gunung dengan warna yang khusus akan menjadi penanda pendaki tersebut menjadi bagian dari tim pendaki tersebut sehingga mudah dikenali.

7.    Sebagai Trend Pendaki

Meskipun tidak berhubungan langsung dengan keselamatan namun trend pendaki dalam menggunakan jaket gunung tentunya sah-sah saja. Apalagi banyak pendaki gunung yang memakai jaket gunung sebagai salah satu identitias mereka. Sesuatu yang ingin mereka banggakan.

Setelah mengetahui manfaat vital dari pemakaian jaket gunung, tentu bukan berarti melupakan perlengkapan lainnya. Tidak terkecuali sepatu gunung yang juga tidak kalah pentingnya. Apalagi sekarang di Indonesia sudah ada brand yang dikenal dengan produk-produk perlengkapan pendakian gunungnya yang berkualitas yaitu Eiger.

0 komentar:

Posting Komentar