Komitmen RAPP Riau Untuk Merawat Lingkungan Saat Memproduksi PaperOne


Omcau - Grup APRIL  adalah salah satu perusahaan dari Royal Golden Eagle milik Sukanto Tanoto. Selain itu, APRIL juga merupakan salah satu penghasil produk pulp dan kertas terbesar menggunakan teknologi paling maju dan efisien di dunia. Perusahaan tersebut berlokasi di provinsi Riau dan secara langsung telah mempekerjakan kurang lebih 5.000 orang dan bermitra dengan lebih dari 90.000 orang yang memasok dan mendukung kegiatan usaha APRIL grup. Ditambah lagi APRIL grup sendiri merupakan perusahaan kehutanan Indonesia pertama yang menerima sertifikasi pengelolaan hutan berkelanjutan. Operasional manufaktur milik APRIL grup, sebelumnya telah menerima sertifikasi Chain of Custody PEFC.

Salah satu perusahaan yang dinaungi oleh APRIL grup adalah PT Riau Andalan Pulp and Paper. PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT RAPP) merupakan suatu perusahaan atau industri besar dan suatu perusahaan terbesar di Asia Pasifik, yang sudah terkenal dan diakui hampir di seluruh dunia. Produk yang dikelola oleh mereka adalah PaperOneTM yang merupakan sebuah produk unggulan asli Indonesia dan terkenal di seluruh dunia. Produk ini sudah diekspor ke lebih dari 70  negara, diantaranya adalah Negara Singapura, China, India, Jepang, Korea, Australia,benua Eropa seperti Rusia, Turki, dan beberapa kawasan di Amerika, yaitu: USA, Mexico, Brazilia, dan beberapa negara lainnya, termasuk kawasan Asia Pasifik dan Asia Timur. Selain itu juga produk ini merupakan 100 persen produk dari bahan baku hingga produksinya dilakukan di Indonesia. Keunggulan dari produk tersebut tidak perlu diragukan lagi. Kualitas dari kertasnya tergolong dari kualitas terbaik dan merupakan kertas serbaguna dengan kualitas prima.


Sudah kita tahu bahwa pada dasarnya kertas terbuat dari pepohonan. Akan tetapi APRIL grup tidak serta merta menggunakan atau menebang secara liar. Mereka berupaya untuk penanaman hutan yang dilakukan APRIL Grup dan seluruh proses penanaman hutan yang dilakukan oleh APRIL Grup sudah memenuhi aturan standar yang berlaku secara internasional. Di samping itu, mereka juga melakukan daur ulang di setiap proses produksi sehingga tidak menghasilkan limbah yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan.

Dari darisanalah dapat disimpulkan bahwa bahwa produk kertas PaperOneTM  ini adalah sebuah produk yang ramah lingkungan. Kertas yang digunakan akan mudah terurai secara alami di dalam tanah dalam jangka waktu tak sebentar karena bahan kertas seluruhnya terbuat dari serat kayu. Peralatan yang digunakannya pun terbilang sangat menghemat energi, hingga mencapai 400 kw/ton paper atau setara dengan penghematan Batubara sebesar 71 ribu ton per tahun. Di samping itu juga, APRIL Grup menerapkan sebuah konsep ramah lingkungan dan terbarukan, yang dinamakan dengan opticoncept M. Dan dari itulah komitmen RAPP Riau untuk merawat lingkungan saat memproduksi PaperOneTM.

0 komentar:

Posting Komentar