Tips Hadirkan Rumah Bali Bergaya Modern yang Khas Etnis Setempat

Omcau - Rumah tradisional Bali sangat terkenal dengan arsitekturnya yang unik. Lalu, bagaimana jika gaya arsitekturnya tersebut diterapkan dalam rumah modern? Sebenarnya, sudah ada perpaduan desain antara konsep tradisional dan modern di rumah Bali. Dengan demikian, nuansa etnis setempat masih terlihat menyatu dalam desain rumah modern di Bali.

Konsep desain rumah modern yang masih berpadu dengan gaya arsitektur klasik merupakan suatu keunikan tersendiri. Anda bisa mempunyai rumah unik dari 2 konsep yang indah. Pada era modern saat ini, sudah banyak diterapkan rumah bergaya modern plus klasik di Bali. Anda dapat memilikinya dan terapkan saja desain tersebut dengan mengikuti aneka tips ini.


1.    Menggunakan Material Campuran

Karena merupakan rumah klasik modern, maka material yang digunakan merupakan material campuran. Rumah modern tentunya menggunakan dinding batu bata yang kokoh dengan dilapisi semen. Berbeda dengan rumah klasik khas Bali yang menggunakan kayu dan batu alam.

Dalam rumah modern Bali, ternyata kesan klasik bisa ditampilkan dengan memadukan material klasik dan modern tersebut. Anda dapat menggunakan dinding dari batu bata dan dilapisi dengan semen, namun masih menggunakan unsur kayu sebagai tiang dan batu alam digunakan sebagai tiang teras rumah. Dengan cara ini, maka rumah ala Bali akan memukau.

2.    Menggunakan Elemen dari Alam

Rumah klasik dari Bali memang kental dengan unsur alamnya. Konsep hunian tradisional Bali menggunakan unsur kayu, batu alam, ornamen dari kayu, dan beragam jenis tanaman sebagai cara untuk memperindah hunian. Beberapa unsur alam ini dapat diterapkan dalam rumah modern untuk menciptakan kesan klasik khas Bali.

Anda bisa menggunakan batu alam untuk tiang rumah bagian luar atau dalam. Selain itu, pembuatan kolam ikan dengan batu alam juga bisa dilakukan. Hiaslah bagian halaman rumah dengan taman hijau berbunga yang elok untuk mempercantik hunian klasik modern ala Bali. Penggunaan ornamen kayu juga bisa menambah keunikan karena unsur alamnya.


3.    Menerapkan Dua Konsep Pewarnaan Ruangan

Desain eksterior dan interior sangat perlu untuk diperhatikan mengingat keindahan rumah yang bisa menghadirkan kenyamanan. Saat ini, rumah Bali bisa dihadirkan dengan dua konsep pewarnaan ruangan. anda bisa memadukan antara warna klasik dan warna modern ataupun memisahkan keduanya di beberapa ruangan. 

Sebagai contoh, Anda memadukan warna merah bata (warna klasik), hitam, dan putih di ruang keluarga sebagai dua konsep warna klasik dan modern. jika tidak, maka warna merah bata, cokelat, atau kuning diterapkan dalam ruang makan, kemudian warna hitam dan putih diterapkan di ruang tamu sebagai konsep pewarnaan modern.

4.    Memadukan Ornamen Khas Bali dan Modern

Ornamen atau hiasan tentu sangat diperlukan dalam setiap tempat tinggal. Fungsi ornamen yang mampu memperindah setiap sisi hunian harus dioptimalkan demi terciptanya rumah yang menawan. Nuansa eksterior dan interior rumah bisa tampil all out dengan ornamen yang pas. Pilihlah hiasan yang berkualitas agar tahan lama dan mempunyai keindahan memukau.

Dalam rumah klasik modern ala Bali ini, Anda bisa memadukan kedua ornamen khas Bali dan ornamen modern saat ini. Sebagai contoh, gunakan hiasan dinding dari kayu dengan ukiran khas Bali atau bingkai foto dari kayu ukiran Bali. Selain itu, vas bunga yang diperindah dengan lukisan Bali juga bisa dijadikan pilihan.

Untuk hiasan modern, gunakan saja vas bunga atau pot bunga dari porselin untuk menciptakan kesan modern dalam rumah. Bingkai foto dari kaca juga merupakan ornamen modern yang indah dan netral untuk berpadu dengan hiasan klasik khas Bali.


5.    Memadukan Furnitur Klasik dan Modern

Tak hanya ornamen atau hiasan saja yang bisa dipadukan dalam rumah Bali. Furnitur klasik modern juga bisa disandingkan untuk menampilkan hunian modern dengan nuansa etnis Bali yang kental. Anda bisa menggunakan kursi dan meja dari kayu dengan ukiran klasik. Gunakan juga rak dari kayu dan kaca yang beroda untuk menampilkan kesan modernnya.

Aksesoris furnitur juga diperlukan untuk mendukung pemakaian furnitur. Untuk menghadirkan kenyamanan saat berada di dalam rumah, sebaiknya perhitungkan kelengkapan fasilitas rumah. Berikan bantal sofa dan karpet lantai di ruang tamu dan ruang keluarga agar tetap nyaman saat duduk dan berbincang. Gunakan motif unik yang memperindah ruangan.

6.    Menanam Pohon Kamboja di Halaman Rumah

Suasana rumah khas Bali sangat identik dengan unsur alam berupa batu alam, kayu, dan tanaman berbunga, terutama kamboja. Anda bisa menanam pohon kamboja di halaman rumah agar rumah modern mempunyai unsur khas Bali. Keindahan rumah juga tampak memukau. Alangkah indahnya jika Anda menanam pohon kamboja berbunga warna-warni.

Rumah dengan perpaduan konsep klasik dan modern memang mempunyai pesona tersendiri. Anda bisa menerapkan tips tersebut untuk menghadirkan rumah Bali modern, namun tetap ada unsur etnis setempat yang klasik. Gaya arsitektur khas Bali yang sudah terkenal mampu menambah keistimewaan hunian modern milik Anda.

0 komentar:

Posting Komentar