4 Olahraga Singkat Siap Sikat Berat Badanmu dengan Cepat

Omcau - Tak hanya sebagai kebugaran, olahraga sering kali diandalkan untuk menurunkan berat badan berlebih. Dengan berolahraga kita bisa lebih cepat mendapatkan bentuk tubuh yang ideal karena selain ampuh bakar kalori, latihan olahraga turut melatih otot serta mengencangkan tubuh. Hal inilah yang menjadi sebab banyak orang mengandalkan berbagai olahraga guna mencapai target dalam menurunkan berat badan. 

Nah, untuk kamu yang sedang menjalani program menurunkan berat badan, selain menjaga pola makan sehat, mungkin tak ada salahnya untuk menerapkan berbagai olahraga singkat berikut ini. Selain tidak menguras waktu olahraga, beberapa latihan singkat ini juga ampuh memangkas berat badanmu, apalagi jika dilakukan secara rutin. Yuk, bikin tubuh mu makin ideal dan selalu segar dengan olahraga yang baik dan benar.


Lari Santai atau Jogging 

Merupakan olahraga murah meriah yang tidak hanya santai tapi juga efektif dalam membakar lemak di tubuh, selain baik untuk menurunkan berat badan, lari atau jogging setiap hari memiliki banyak manfaat luar biasa terutama untuk urusan kesehatan. Manfaatnya antara lain dapat membantu melancarkan peredaran darah, melatih pernapasan, menguatkan tulang kaki, meningkatkan kinerja jantung, meningkatkan daya ingat dan menyehatkan kulit.

Bagi kamu yang ingin membakar lemak dalam waktu singkat kamu bisa mencoba olahraga ini loh. Untuk waktunya? tidak butuh waktu lama kok, cukup 20 sampai 35 menit saja jika dilakukan secara rutin dijamin berat badamu akan berangsur-angsur turun. Yang terpenting ialah konsisten dan tetap menjaga pola makan agar jumlah kalori harianmu tetap stabil sehingga tidak berlebihan.

Kegiatan Bersepeda 

Olahraga singkat selanjutnya yang ampuh turunkan berat badan adalah bersepeda. Kegiatan olahraga ini memang banyak diandalkan oleh para anak muda dan para orang tua. Selain membantu menurunkan berat badan, bersepeda menyimpan berbagai manfaat baik terutama untuk kesehatan. 

Manfaat lainnya, banyak yang menganggap olahraga bersepeda dapat mengurangi stres dan efektif dalam menurunkan kalori di dalam tubuh. Bahkan menurut penelitian, olahraga bersepeda setiap pagi dan sore dapat menyehatkan organ jantung, mengencangkan otot, mengatur pernapasan, serta meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Nah, jika kamu ingin menjaga berat badan agar tetap ideal, sepertinya rutin bersepeda paling tidak 30 – 45 menit setiap hari adalah kewajiban deh.

Latihan Lompat Tali 

Melakukan kegiatan lompat tali sudah terbukti dapat mempercepat pembakaran kalori di dalam tubuh loh. Bahkan menurut para peneliti dari Amerika Serikat, lompat tali salah satu olahraga praktis yang mampu membakar kalori lebih banya dibandingkan dengan jalan santai. Melakukan olahraga lompat tali selama 30 menit dapat membakar 375 kalori, sedangkan jika berjalan dalam waktu yang sama dengan kecepatan 4,8 km/jam kamu hanya dapat membakar 160 kalori saja.

Lompat tali tidak hanya dapat membakar kalori secara cepat tapi juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh antara lain melancarkan metabolisme, meningkatkan sistem imun, menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. So, kamu bisa mempertimbangkan sendiri.

Latihan Bodyweight 

Menurut laporan dari Jurnal American College of Sport Medicine's Healt  Fitness, latihan bodyweight merupakan cara cepat, efisien serta murah untuk membakar lemak yang berlebihan dan menurunkan berat badan. Dengan menerapkan latihan bodyweight rutin setiap hari akan membantu tubuh dalam membakar lemak lebih banyak meski hanya dilakukan dalam waktu 10 - 15 menit saja.

Latihan ini juga dapat membantu kamu dalam menyerap oksigen (v02 max) lebih banyak dan mencegah terjadinya resistensi insulin, sebuah kondisi dimana tubuh kamu kebal dapat menolak hormon insulin yang bertugas mengatur kada gula darah. Resistensi insulin sendiri adalah penyebab penyakit diabetes loh.

Nah dari beberapa jenis olahraga singkat di atas, mana olahraga singkat yang kamu minati? Tenang saja semuanya dapat kamu andalkan sebagai cara diet gampang untuk membentuk tubuh asal kamu rajin dan disiplin dalam berolahraga serta menjaga pola makan tentu saja bukan mimpi lagi untuk bisa mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

0 komentar:

Posting Komentar