Inilah Beberapa Cara Penyambungan Fitting pada Pipa

Omcau - Fitting pada pipa dapat dilakukan langsung maupun tidak langsung dengan bantungan sambungan pipa. Di mana sambungan pipa tersebuat dapat dibuat secara permanen maupun sementara. Pada umumnya, cara penyambungan pipa dapat dibagi menjadi 3. Di antaranya butt-weld, socket-weld, screwed, dan quick connector and couplings.


1. Butt-weld (BW)

Cara penyambungan pipa yang satu ini biasanya digunakan secara luas dan umum. Cara ini sangat cocok digunakan untuk penyambungan pipa yang berukuran besar dengan tingkat reliabilitas yang tinggi. Prosedurnya dilakukan dengan cara menyatukan bagian ujung sambungan, diluruskan, kemudian dilas.

Ada beberapa contoh fitting yang menggunakan teknik butt-weld ini. Diantaranya BW tee untuk mencabang 900 pipa dari pipa utama, stub-in membuat cabangan langsung dari pipa utaman, elbow membuat cabangan tegensial, sweepolet untuk mencabang 900 pipa yang biasanya digunakan pada pipa transmisi dan distribusi.

2. Socket-weld (SW)

Cara SW biasanya digunakan untuk pipa yang berukuran kecil dengan ujung pipa yang dibuat rata dan kemudian didorong masuk ke dalam fitting. Tidak seperti BW, SW memiliki kelebihan dalam hal pelurusan dan penyambungan pipa yang relative lebih mudah. Penggunaan SW kadang kala dilarang karena menilmbulkan erosi dan korosi.

Ada beberapa contoh fitting SW diantaranya adalah swage nipples untuk mencabangkan SW ke BW, ful-coupling digunakan untuk menyambung pipa ke pipa, nipolet untuk sambungan sambungan pipa ke valve berukuran kecil, sockolet sama seperti BW digunakan untuk membuat percabangan 900 pada pipa utama

3. Screwed

Konsepnya sama seperti SW, screwed biasanya digunakan pada penyambungan pipa yang berukuran kecil. Pada umumnya, proses ini tidak digunakan untuk proses walaupun memiliki pressure-temperature yang tinggi dan memenuhi. Biasanya fitting SW maupun screwed berkelas 2000, 3000, dan 6000 PSI.

4. Quick Connector and Couplings

Cara quick connector and couplings ini biasanya baik digunakan untuk koneksi penyambungan instalasi permanen maupun sementara. Hal ini dapat disesuaikan dengan kondisi servis maupun jenis sambungan pipa. Namun pada umumnya cara ini sangat cocok digunakan ketika memperbaiki jalur serta memodifikasi proses.

Nah, di atas merupakan beberapa cara yang biasanya digunakan pada proses penyambungan pipa. Sambungan pipa sendiri merupakan cara menyambungan beberapa buah pipa menjadi satu yang sering disebut fitting. Jadi, pastikan Anda membuat sambungan pipa dengan benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Selain mengetahui beberapa hal di atas, Anda juga sebaiknya tahu berbagai teknik penyambungan antar pipa besi. Siapa tahu Anda berniat memakai pipa besi nantinya. Langsung aja, Yuk, Cari Tahu Teknik Penyambungan Antar Pipa Besi.

0 komentar:

Posting Komentar