7 Kiat Mempertahankan Kesuksesan Bisnis di Tahun 2019

Omcau - Membangun sebuah usaha dari nol memang bukan perkara gampang. Namun, hal yang paling sulit adalah mempertahankan eksistensi usaha ditengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Anda wajib memperhatikan bagaimana cara mempertahankan kesuksesan yang telah diraih bisa berlangsung lama. Coba perhatikan eksistensi bisnis di tahun 2019 yang telah bertahan sejak era Millenial dimulai! 

Anda wajib memikirkan kembali strategi pemasaran yang bisa mempertahankan kesuksesan bisnis yang telah dirintis. Jangan sampai Anda bersantai dan kalah saing setelah mendapatkan kesuksesan usaha. Pemikiran santai harus dibuang jauh agar Anda tidak mengalami kebangkrutan seiring perkembangan ekonomi yang terus berubah sesuai perkembangan jaman. Berikut 7 kiat yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan kesuksesan usaha.  

Bisnis di Tahun 2019

1. Jangan pernah berhenti memiliki impian besar 

Jangan suka bermimpi tinggi sebab terasa sakit saat terjatuh. Ya, Anda mungkin pernah mendengar nasehat yang salah kaprah tersebut. Sebagai seorang pebisnis, Anda wajib memiliki impian lebih besar untuk mengembangkan sebuah usaha. Anda harus memiliki ambisi besar untuk meraih keuntungan besar termasuk mendirikan kerajaan bisnis yang berusia puluhan tahun.  

Namun, jangan sampai Anda terlalu serakah dan gelap mata saat mengejar profit perusahaan ya! Anda harus tetap berpikir rasional dalam mengeluarkan kebijakan yang berpengaruh pada kemajuan usaha. Jika saat ini, Anda hanya memiliki usaha sebagai distributor online skala nasional, kelak Anda harus berambisi membawa perusahaan menembus bisnis skala internasional.  

2. Membuat perencanaan yang matang 

Kiat kedua yang wajib Anda realisasikan sebagai resolusi bisnis di jaman serba digital adalah membuat perencanaan bisnis yang matang. Tidak ada yang bisa memprediksi bagaimana kondisi pasar dan perkembangan ekonomi di masa depan. Anda hanya perlu mempersiapkan segala rencana menghadapi perubahan global yang mungkin terjadi. Persiapan yang matang akan membuat usaha Anda lebih siap menghadapi persaingan ketat kelak.  

3. Belajar dari pengalaman pelaku bisnis yang lain 

Dalam menjalankan sebuah usaha, Anda wajib berkaca pada setiap pengalaman para pelaku bisnis yang lain. Misalnya Anda ingin mengembangkan pusat grosir online yang dirintis, sebaiknya belajar dari kesuksesan dan kegagalan pelaku bisnis yang sama. Dari pengalaman dan wawasan baru ini, Anda bisa belajar banyak hal mengenai cara menarik pelanggan baru, strategi pemasaran yang baik, sistem promosi dan lain-lain.  

Jangan lupa untuk mengikuti banyak seminar atau workshop dengan orang-orang yang lebih senior. Gali informasi sebanyaknya agar Anda bisa mengembangkan kesuksesan lebih bertahan lama.  

4. Mencoba mengembangkan bisnis yang lain 

Jangan mudah merasa puas saat Anda sudah meraih kesuksesan. Agar Anda memiliki pondasi berbisnis yang kuat, sebaiknya mulai berpikir untuk mengembangkan sayap bisnis yang lain. Tak ada salahnya mencoba peluang bisnis yang tengah booming agar Anda memiliki cadangan pendapatan saat bisnis yang lain tengah mengalami penurunan.  

5. Mengontrol keuangan perusahaan  

Banyak sekali para pelaku usaha yang mengalami kegagalan saat mereka gagal mengontrol keuangan perusahaan. Mulai belajar mengatur keuangan dari pemasukan dan pengeluaran dari arus kas perusahaan. Jangan boros mengeluarkan uang perusahaan untuk hal yang tidak berguna atau tidak bermanfaat untuk masa depan bisnis kelak.  

6. Loyalitas pelanggan merupakan harga mati  

Untuk berkembang semakin pesat dan bisa bertahan lebih lama, loyalitas pelanggan harus dijaga dengan baik. Pelanggan adalah raja wajib Anda terapkan sehingga mereka tidak meninggalkan produk atau layanan jasa perusahaan Anda. Sebaiknya senantiasa berinovasi sesuai dengan perkembangan minat dan kebutuhan pelanggan.  

7. Ikuti perkembangan jaman modern 

Anda bisa belajar dari pelaku usaha yang telah berusia puluhan tahun namun terpaksa gulung tikar sebab masih menggunakan cara konvensional. Syarat mempertahankan kesuksesan usaha adalah mengikuti perkembangan jaman modern.  

Inovasi bisnis harus sesuai dengan update era digital yang digandrungi pelanggan. Anda bisa memaksimalkan media sosial, website toko online dan menggunakan B2B marketplace sebagai ladang menarik minat pebisnis lain untuk menjalin kerja sama.  

7 kiat mengembangan dan mempertahankan usaha di atas wajib Anda pertimbangkan secara matang. Bergabunglah dengan salah satu marketplace untuk menemukan mitra bisnis yang bisa mengembangkan usaha Anda lebih maju lagi!

0 komentar:

Posting Komentar