Meski Aman, Laser Hair Removal Tetap Memiliki Efek Samping Lho

Omcau - Kebanyakan wanita ingin memiliki tubuh mulus tanpa rambut yang berlebihan. Oleh karenanya banyak cara yang dilakukan wanita untuk menghilangkan rambut atau bulu bulu halus pada tubuhnya. Ada banyak metode yang dapat dilakukan, misalnya mencukur, waxing, menggunakan krim pencabut bulu atau penghilang bulu, dan yang paling canggih dengan menggunakan laser. Masing-masing metode tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Saat ini metode menghilangkan bulu rambut dengan laser atau biasa disebut laser hair removal sedang populer karena kecanggihannya dan prosedur yang tidak sakit. Namun, dibalik setiap metode pasti memiliki efek samping yang dapat terjadi. Yuk simak apa saja efek samping yang mungkin Anda alami jika melakukan laser hair removal!

penghilang bulu

Apa itu Laser Hair Removal?

Laser hair removal merupakan metode menghilangkan bulu atau rambut menggunakan laser yang menggunakan pancaran sinar kuat untuk  menghancurkan akar bulu. Energi cahaya tersebut akan diserap oleh warna gelap rambut dan berubah menjadi energi panas yang kemudian disalurkan ke akar rambut, sehingga pertumbuhan rambut akan berhenti fan rontok secara alami. 

Efek Sampingnya!

Meski laser hair removal relatif aman, seperti perawatan lainnya treatment ini juga memiliki beberapa risiko yang mungkin terjadi. Berikut beberapa efek samping yang mungkin akan Anda alami :

  • Iritasi kulit. Menghilangkan rambut dengan laser dapat menimbulkan iritasi kulit, kulit menjadi kemerahan, dan bengkak dan area yang difokuskan. Meski hanya berlangsung beberapa jam setelah treatment, Anda tetap perlu waspada jika efek tersebut tidak kunjung hilang.
  • Perubahan pigmen kulit. Setelah melakukan treatment ini, kulit Anda mungkin akan mengalami perubahan warna menjadi sedikit lebih gelap ataupun terang dari sebelumnya. 

Efek samping lainnya yang jarang terjadi misalnya muncul lepuhan, bekas luka, atau perubahan tekstur kulit lainnya yang tidak biasa. 

Meski dapat menghilangkan bulu atau rambut, treatment ini tidak dianjurkan untuk area kelopak mata dan sekitarnya karena kemungkinan untuk terkena luka mata sangat parah. Selain area tertentu, ibu hamil juga tidak diperbolehkan melakukan laser hair removal karena dikhawatirkan dapat memengaruhi kondisi ibu dan janin. Meski belum ada studi mengenai ini, biasanya dokter lebih menganjurkan ibu hamil untuk melakukan perawatan tradisional atau menunggu sampai setelah melahirkan.  

Agar meminimalisir efek samping di atas, sebaiknya kunjungi klinik kecantikan yang sudah memiliki sertifikat dan berstandarisasi tinggi. Salah satu rekomendasi yang dapat Anda pertimbangkan adalah dengan memilih dokter dan lokasi perawatan di HonestDocs. Disini Anda dapat melihat langsung daftar treatment yang tersedia, dokter yang memeriksa, dan harga yang ditawarkan dalam satu klik saja. Jika merasa sudah cocok, pilih waktu konsultasi dan segera kunjungi lokasi tersebut sesuai waktu yang telah ditentukan. Mudah bukan?

0 komentar:

Posting Komentar