7 Material Kitchen Set Ini Bikin Dapur Makin Terlihat Estetik

Omcau - Pemilihan material kitchen set merupakan salah satu tahap penting saat mendesain ruangan dapur. Material yang berkualitas tinggi tak hanya akan tahan lama untuk Anda gunakan, namun juga bisa mempercantik ruangan dapur Anda. Maka dari itu, pemilihan material dapur sama sekali tak boleh sembarangan saja. Anda bisa pilih ragam material berikut ini, agar dapur Anda jadi makin terlihat estetik.  

kitchen set

1. PVC (Poly Vinyl Chloride) 

PVC merupakan jenis material yang terbuat dari plastik dan bisa digunakan untuk memperkuat lapisan kabinet di dapur Anda. Material ini mudah dipasang, murah harganya, serta tersedia dalam beragam pilihan warna terang. PVC juga punya sifat tahan air dan minyak, sehingga sangat cocok untuk Anda gunakan di dapur. Jika bosan dengan warna yang lama, PVC juga mudah untuk diganti kok.  

2. Plywood  

Plywood merupakan material kayu olahan yang dikenal kuat dan tahan lama. Plywood dihasilkan dari beberapa lapisan kulit kayu, yang kemudian di-press dengan tekanan yang tinggi. Hasilnya, material ini memiliki kerapatan yang tinggi, membuatnya lebih kokoh dibanding material lain dan tahan akan air. Saking awetnya, material plywood diperkirakan bisa bertahan hingga 10 tahun lamanya.   

3. Blockboard  

Jika lapisan kayu disusun secara vertikal untuk menghasilkan plywood, maka untuk bisa menyusun blockboard lapisannya disusun secara horizontal. Bagi Anda yang tak punya cukup bujet untuk menggunakan plywood, bisa memilih material blockboard sebagai gantinya. Walau harganya lebih terjangkau, blockboard tak kalah kokoh dibandingkan plywood, serta juga dipastikan tahan air.  

4. HPL (High Pressure Laminate)   

Jangan sampai bujet minim menghalangi Anda untuk mendesain dapur sedemikian rupa. Jika tak mampu untuk menggunakan kayu, pilihlah material laminasi. Laminasi merupakan material berbentuk lembaran tipis, tersusun atas lapisan resin plastik, lapisan cetak berpola, dan lapisan film plastik bertekstur keras. Agar tahan lama, pilihlah material laminasi yang bertekanan tinggi atau HPL.  

5. Aluminium atau Stainless Steel  

Material selanjutnya yang juga direkomendasikan untuk Anda adalah aluminium atau stainless steel. Material aluminium dipastikan memiliki tekstur yang kuat dan juga tahan lama. Pilihlah hanya material aluminium yang berkualitas, sehingga bisa tahan akan karat dan juga anti noda. Material satu ini juga dipastikan tak akan terpengaruh oleh panas dan juga kelembapan di dapur.  

6. Decosheet  

Decosheet atau dikenal juga sebagai taco sheet merupakan material yang terbuat dari plastik. Jika dibandingkan dengan laminasi tipe HPL, decosheet memiliki tekstur yang lebih tipis. Teksturnya yang tipis ini, membuatnya jadi lebih mudah untuk dibentuk. Bahan decosheet dipastikan tak mudah mengelupas, mudah dibentuk mengikuti lengkungan dapur, serta tersedia dalam beragam warna.  

7. MDF (Medium Density Fiberboard) 

MDF merupakan material kayu olahan yang terbuat dari serbuk kayu yang telah melalui proses pressing bertekanan tinggi. Harga dari MDF dipastikan lebih terjangkau jika dibandingkan dengan material plywood dan blockboard. Anda bisa mengenali material satu ini dari permukaannya yang halus, ketebalannya yang pas, dan juga fleksibel. MDF disarankan untuk dipakai di dapur yang kering.    

Itulah tadi beberapa jenis material yang bisa Anda pilih untuk mempercantik ruangan dapur Anda. Jika Anda masih merasa bingung untuk memutuskan material mana yang lebih cocok digunakan, sebaiknya Anda pakai jasa desain interior saja. Anda bisa pakai jasa desainer interior dari Fabelio, untuk memilihkan material yang cocok dipasang di dapur dan tentunya sesuai dengan bujet yang dimiliki.

0 komentar:

Posting Komentar